RAMBUTAN; BIJI DAN BUAHNYA BISA JADI KERIPIK

BIJI DAN BUAHNYA BISA JADI KERIPIK

Keripik Rambutan
Keripik Rambutan
Rambutan adalah salah satu jenis tanaman yang hidup di daerah tropis, salah satunya ialah Indonesia.Buah ini banyak digemari oleh orang-orang Eropa dan Amerika karena memang rambutan jarang tumbuh di daerah beriklim dingin seperti disana.

Rambutan adalah jenis buah yang hampir seluruh bagiannya memiliki manfaat sendiri-sendiri.Mulai dari batangnya, daun, kulit buahnya, daging buahnya bahkan bijinyapun juga bermanfaat.Buah rambutan selain dimakan secara langsung, biasanya diolah menjadi kudapan atau camilan sehat lainnya.

Salah satu jenis kudapan yang sering dibuat ialah manisan rambutan, selain rasanya yang enak kudapan rambutan ini juga terasa segar ketika memakannya. Selain kudapan, olahan rambutan lainnya yang terkenal ialah keripik.Apakah anda pernah merasakan kenikmatan keripik rambutan?

Keripik Biji Rambutan

Keripik Rambutan
Keripik Rambutan
Biji rambutan memang bisa dijadikan keripik, karena rasanya tidak akan kalah dengan daging buahnya. Pengolahan biji rambutan agar bisa menjadi keripik memang sedikit berbeda dengan keripik rambutan yang dari buahnya, karena harus disangrai dan ditumbuk terlebih dahulu sebelum akhirnya dijemur dan digoreng.

Biji rambutan memiliki khasiat yang sama besarnya dengan daging buah rambutan, diantaranya adalah mengobati sakit diabetes. Disamping itu, biji rambutan juga bisa mengatasi sakit pinggang ketika menyerang tubuh anda.Biasanya biji rambutan disangrai lalu dihaluskan kemudian diseduh dalam air panas.

Keripik Rambutan

Keripik Rambutan
Keripik Rambutan
Berbeda dengan keripik biji rambutan, keripik rambutan yang satu ini memakai daging buah sebagai bahan dasar dan tidak perlu melewati proses sangrai dan penumbukan. Sedikit lebih singkat proses pengolahannya namun tidak akan menghilangkan kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Dalam proses pengolahannya, rambutan yang dipilih haruslah yang segar, matang dari tanamannya, manis rasanya serta bertekstur kenyal pada daging buahnya. Singkatnya dalam memilih rambutan harus selektif dan berkualitas baik.

Seperti halnya dengan bijinya, daging buah rambutan kaya akan zat besi serta serat yang tinggi. Buah ini juga mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.Serta mampu mengobati demam dan penyakit disentri.


Apakah anda masih ragu menikmati kerenyahan dari keripik rambutan yang enak? Pikirkan kembali keraguan anda, segera nikmati keripik rambutan yang penuh kelezatan dan manfaat lainnya! Jadi, tunggu apalagi!

No comments:

Post a Comment