MENGENAL PRODUK KERIPIK UBI TELA MADU & MANFAATNYA

MENGENAL PRODUK KERIPIK UBI TELA MADU & MANFAATNYA

Ubi tela madu atau yang lebih dikenal dengan nama ubi cilembu adalah salah satu jenis umbi-umbian yang berasal dari daerah Jawa Barat, tepatnya kota Sumedang. Diberi istilah ubi tela madu karena memang rasanya yang manis serta ketika dioven akan mengeluarkan cairan lengket dan manis seperti halnya madu.

Rasa manis pada ubi tela madu sedikit berbeda dengan rasa manis yang ada di ubi jenis lainnya. Saking manisnya ubi tela madu tidak cocok jika diolah dengan cara digoreng karena cepat gosong. Apalagi jika direbus, rasa dan aroma manisnya akan berkurang bahkan hilang.

Oleh sebab itu cara pengolahan yang tepat untuk membuat makanan berbahan dasar ubi tela madu ialah dibakar. Namun ada banyak produk jenis olahan ubi tea madu yang lebih variatif lagi yakni dodol, tape, selai atau keripik dan lain sebagainya.Keripik ubi tela madu memiliki banyak keunggulan sehingga produk ini sangat menjanjikan baik bagi penjual maupun yang mengonsumsinya.

Komposisi Membuat Keripik Ubi Tela Madu

Bahan atau komposisi utama dalam membuat keripik ini ialah tentu saja bahan dasar ubi tela madu, garam dan minyak goreng nabati.Sengaja menggunakan minyak goreng nabati agar tidak menambah kolesterol pada keripik yang digoreng.

Minyak goreng nabati juga lebih sehat dibandingkan minyak goreng non nabati karena bahan aslinya dari tumbuhan kelapa pilihan.Tidak menambahkan bahan kimia seperti penguat rasa, pewarna buatan atau yang lainnya agar keripik tetap menyehatkan sewaktu dikonsumsi.

Kandungan Gizi & Manfaat Pada Keripik Ubi Tela Madu

Keripik yang diolah dengan baik dan teknik yang tepat tidak akan mengurangi kandungan gizi yang ada pada bahan dasarnya, tak terkecuali bagi ubi tela madu. Meskipun sudah berganti menjadi keripik, manfaatnya masih bisa dirasakan bagi siapa saja yang memakannya.

Salah satu kandungan yang ada ialah zat besi yang berfungsi untuk mengurangi stress, ada juga magnesium yang berguna untuk kesehatan tulang dan darah. Kemudian rasa manis yang kuat pada ubi tela madu tidak akan meningkatkan gula darah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.


Selain itu ubi tela madu juga memiliki anti oksidan tinggi yang mampu melawan racun jahat pada tubuh dan sifatnya yang antikanker membantu mengurangi resiko kanker dan juga tumor bagi siapa saja yang mengonsumsinya.

1 comment:

  1. Ketela madu bisa dijadikan alternatif pangan di Indonesia

    ReplyDelete